Rabu, 25 Juni 2014

Mengudara Lagi

Semangat pagi..... akhirnya bisa menyapa teman teman lagi di blog sederhana ini, setelah hampir satu tahun tidak menyapa teman teman. Yach, tidak lain dan tidak bukan karena ada kendala di domain
langganan saya, yang semula menggunakan alamat danansaja.com (yang numpang di dimain kakak ke-5 saya, kang @jauhari) mengalami gagal koneksi karena keterlambatan kami untuk memperpanjang sewa domain di alamat diatas. Dan yang terjadi adalah kegagalan upload beberapa tulisan yang kami unggah.
Tampilan web kami saat itu pun hanya “satu muka” saja, tidak bisa dialihkan ke link-link yang saat itu kami buat. Setelah saya konsultasikan ke kakak ke-5, dan ditelusuri secara lebih mendalam, dapat dipastikan 1000% alamat domain danansaja.com sudah dibeli oleh orang lain yang beralamat di negara Tiongkok sana. Dan jikapun akan di take over, memerlukan biaya yang tidak begitu murah. Saran yang paling masuk akal adalah ganti domain.
Setelah dapat dipastikan sangat susah take over alamat domain lama saya, maka dengan keputusan bulat saya akan ganti alamat domain. Saya mengunjungi idWebhost, --salahsatu penyedia jasa sewa domain yang ada di Kota Gudeg— untuk mengecek ketesediaan beberapa nama alternatif yang bisa saya gunakan. Dan hasil pencarian nama, saya mendapatkan nama yang sangat sreg dan passs.... Akhirnya saya putuskan untuk memilih alamat domain baru dengan nama danansaja.net. Yach.... tidak jauh beda dengan domain lama saya, hanya berbeda di "buntut" (Ekor untuk bahasa Jawa) nya saja, yang awalnya “.com” berubah menjadi “.net”. 
Setelah saya mengisi form yang digunakan sebagai prasyarat sewa domain dan menyelesaikan kewajiban sewa yang harus saya bayar, alamat domain baru pun bisa saya nikmati . Saya utak atik blogger dengan merubah setting publishing saya dengan merubah alamat blog adress, dan.... wala..... ternyata masih eror dan harus di setting juga di bagian hostingnya. Setelah saya hubungi bagian layanan pelanggan, saya dikasih alamat tutorial untuk men- setting custom blogspot, sehingga bisa #jozzz..., eh bisa ter koneksi dengan blog lama saya. Bagi pembaca yang ingin mengetahui cara settingnya, dapat mengunjungi tutotialnya disini” () Setelah kami setting sesuai dengan petunjuk di tutorial pada alamat diatas, saya diminta untuk menunggu 5-6 jam untuk dilakukan sinkronisasi oleh pihak server. Setelah 6 jam saya mencoba lagi untuk akses blog saya dengan alamat domain yang baru, tapi masih belum konek juga. Saran dari bagian pelayanan pelanggan, kita diwajibkan untuk melakukan clear cache pada browser yang kita gunakan. Dan setelah saya clear cache dan restart ulang, akhirnya berhasil mengakses kembali blog saya dengan alamat baru. ;-) 

Selamat membaca dan berbagi #Hikmah.  

Tidak ada komentar: