Jumat, 27 Juni 2014

Kita Kedatangan Tamu Agung Lagi


MARHABAN YA RAMADHAN
Barang Siapa merasa gembira dengan sebab kedatangan bulan ramadhan, nisacaya Allah Ta’ala mengharamkan jasadnya dari Api Neraka” (Hadist Riwayat ahmad)


Satu hari lagi kita akan kedatangan tamu agung, bulan yang penuh dengan kemuliaan dan ampunan. bahkan jika kita menggunakan perhitungan kalender hijriyah, tinggal ½ hari lagi kita memasuki bulan ramadhan, tepatnya saat terbenamnya matahari sore nanti tanggal 27 Juni 2014 ini. Saat terbenamnya matahari menjadi pertanda pergantian tanggal untuk perhitungan bulan qomariyah.


Di bulan Ramadhan ini Allah telah menjanjikan akan melipatgandakan setiap amalan hamba-hambanya, yang dilakukan dengan sepenuh hati yang hanya mengharapkan ridho dari NYA.  Jumlah pahala yang dijanjikan oleh Allah akan dikalikan sampai 70 kali lipat, jumlah yang sangat banyak dan jika ibadah bulan ramadhan kita ibaratkan sebuah perniagaan, kita tidak akan dapat menemui sebuah perniagaan yang dapat memberikan keuntungan serupa dengan amalan di bulan Ramadhan. Amalan sunnah yang kita lakukan dijanjikan juga oleh Allah akan dinilai sama dengan amaalan wajib di luar bulan Ramadhan.


Jikalah kita memberikan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, Allah juga menjamin kita akan memperoleh pahala serupa dengan pahala orang yang kita beri makanan berbuka, tanpa mengurangi pahala orang yang kita berikan buka.

Bagi hambanya yang berpuasa, ada dua kebahagiaan yang akan ditemuinya, yaitu kebahagiaan saat Berbuka, dan kebahagiaan saat diakhirat kelak bertemu dengan Allah ta’ala. Hal ini seperti yang tersurat dalam hadits Rosul yang diriwayatkan oleh Bikhori dan Muslim 

Allah berfirman,’Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi maka katakanlah,’Saya sedang berpuasa’. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk/kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya’. “ (HR. Bukhari dan Muslim)


Setiap hamba berpuasa dan memohon ampunan kepada Allah, maka akan diampuni segala dosa dosanya, sebagaimana sabda Raosululloh ““Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka marilah kita manfaatkan moment bulan Ramadhan ini untuk melakukan amalan-amalan terbaik kita, sehingga kita akan menjadi Golongan orang-orang yang beroleh Barokah dari Bulan ramadhan ini.



“.....Siapa tau Ramadhan kali ini menjadi Ramadhan yang terakhir bagi kita”

Tidak ada komentar: