Minggu, 04 Agustus 2013

Ramadhan dan kesalehan Sosial

malam ke28 Ramadhan 1434 H

"Jagalah Ramadhan mu, optimalkan ibadahmu di bulan Ramadhan ini, siapa tau ini adalaha ramadhan terakhir bagi mu".
Kewajiban puasa di Bulan Ramadhan dalam surat Al-Baqoroh yang ditegaskan oleh sang Khalik adalah perintah bagi orang orang yang beriman. karena Shoum di bulan Ramadhan hanyalah diwajibkan kepada orang yang beriman dan yakin akan Keberadaannya serta akan adanya hari penghisaban di akhir waktu kelak.karena yang diwajibkan berpuasa hanyalah orang orang yang beriman, maka hanyalah orang yang meng Iman-i NYA yang "berani berpuasa, sedangkan orang yang mengaku beriman namun "takut" berpuasa tanpa adanya halangan yang di perbolehkan oleh syar'i maka kadar keimanannya wajib untuk dipertanyakan kembali.
Yang membedakan orang muslim dan bukan muslim adalah keyakinannya. orang menjadi Muslim jika dia sudah mengucapkan dua kalimah syahadat, “Asyhadu alla illaha illallah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah “. setelah mengucapkan dua kalimah syahadat ini maka dalam diri seorang anak manusia  telah melekat kewajiban sebagai seorang muslim. Kewajiban seorang muslim adalah Sholat, Puasa (saat bulan ramadhan), membayar zakat serta ber Haji bagi yang mampu. 
Kewajiban sholat seorang muslim dalam satu hari satu malam 5 kali, sedangkan ada banyak sholat sunah yang lain yang bisa dilakukan oleh seorang muslim. dari sholat ini Allah terah mengajarkan bagaimana kita dalam ber HabluminAllah (menjalin hubungan dengan Allah) dan bagaimana pula kita seharusnya dalam ber habluminannas (menjalin hubungan dengan sesama manusia). Sholat adalah saha satu bentuk interaksi seorang hamba kepada Peciptanya, dan selesai sholat kita diingatkan oleh Allah untuk segera berbuat baik pula dengan kanan kirinya, lingkungan sekitar kita. Saat kesalehan seseorang kepada sang Kholik sedemikian besar dan benar benar Shaleh, maka akan berbanding lurus dengan kesalehan hamba kepada lingkungan sekitarnya.
Di bulan Ramadhan ini bagi yang beriman, yang sudah melaksanakan sholat (minimal) 5 waktu dalam sehari semalam diwajibkan pula untuk berpuasa, menahan lapar dan dahaga dari saat terbit fajar (waktu subuh) sampai matahari tenggelam (waktu maghrib) selama satu bulan penuh. tujuan Allah mewajibkan berpuasa dalam bulan ramadhan salahsatunya agar umatnya bisa memiliki empati kepada saudara-saudara lain yang memiliki kekurangan serta tidak bisa menikmati makan dalam kesehariannya. dengan kita berempati, diharapkan kesalehan sosial orang yang berpuasa bisa lebih meningkat lagi. Salah satu bentuk wujud dari kesalehan sosial orang yang berpuasa antara lain: lebih banyak ber infaq dan sadaqohnya, memberikan makanan berbuka kepada saudara lain yang berpuasa serta di akhir bulan ramadhan membayar zakat fitrak berupa bahan makanan pokok sehari hari, dimana membayar zakat fitrah ini merupakan kewajiban bagi setiap muslim.  amalan amalan wajiib kita selama bulan ramadhan dijanjikan oleh Allah akan dilipat gandakan sebanyak 70 kali lipat dibandingan dengan amalam amalan wajib diluar bulan Ramadhan, sedangkan amanal amalan sunah kita akan memeroleh pahala setara dengan amalan wajib diluar bulan ramadhan. Allah memberikan ini sebagai salah motifasi kepada hambanya agar selalu mengisi amalan-amalan positip pada setiap aktifitas kehidupannya....
Dengan amalan-amalan dan kesalehan kesalehan selama bulan Ramadhan ini, diharapkan akan terus dilestarikan dalam 11 bulan lainnya diluar bulan ramadhan, sehingga kita dapat termasuk kedalam hamba Allah yang Muttaqin. Semoga ;-)

Selamat ber-Iktikaf, selamat menggapai lailatul qodar   

Tegalcatak, UH IV 664a 23.39'

Tidak ada komentar: