Senin, 13 Juni 2011

WHALE SHARK, IKAN TERBESAR DALAM KAWASAN TN. TELUK CENDERAWASIH

Ikan Terbesar di Dunia ini Ikan Apa.....?
Saat saya di SD, setau saya hewan terbesar di laut adalah Paus. Namun setelah saya menempuh pendidikan lebih tingi, saya semakin tau bahwa Paus bukanlah masuk dalam kateori ikan, melainkan Mamalia Laut.

Soo... apa Ikan terbesar di Dunia...? Lumba Lumba.......!!! 

mm.... Bukan Juga.

Yup. Ikan Hiu adalah ikan terbesar di Dunia. yatu Ikan Hiu Paus (Rhincodon typus)  
meskipun masih satu keluarga dengan ikah Hiu Putih yang terkenal dengan keganassannya, Ikan Hiu paus ini termasuk ikan jinak. Yup Ikan jinak. Hiu paus ini tidak memiliki gigi gigi tajam. Gigi gigi kecil dalam jumlah ribuan di Hiu Paus ini. Ikan hiu ini makan ikan ikan kecil maupun cumi cumi laut. panjang ikan hiu paus bisa mencapai 40 feet (12 Meter) bahkan dapat kita temui dengan panjang yang lebih dari itu. Sedangkan berat ikan ini bisa mencapai 15 ton. 

Nah.. Untuk menikmati Ikan terbesar di dunia ini kita tidak perlu jauh jauh terbang ke kalifornia, Astralia maupun ke Thailand. Di dalam Kawasan Taman nasional Teluk Cenderawasih kita bisa menikmati atraksi ikan Hiu paus ini. tepatnya di sekitar Perairan Kwatisore kita bisa   menikmati keindahan ikan Hiu paus ini sambil ber snorkling maupun Diving. So... Pengunjung pun bisa ber narsis ria dengan si Ikan Raksasa.

Masyarakat lokal lebih mengenal ikan ini dengan sebutan ikan Gorano Bintang. Karena totol-totol di tubuh ikan hiu paus ini seperti bintang di lautan. Istilah lain yang sering digunakanuntuk menyebut spesies ini adalah Ikan Hiu Bodoh. karena Ikan hiu memiliki sifat lemah lembut dan tidak ganas seperti hiu hiu lainnya. 

Pertanyaan Terakhir: BAGAIMANA KITA UNTUK MELIHAT ATRAKSI HIU INI & KAPAN WAKTUNYA?
Ok. Untuk melihat atraksi ikah hiu paus, kita dapat melewati kota Nabire. dari Kota Nabire menggunakan kapal milik nelayan, dengan cara sewa. 

Jalur dari makassar ke nabire? 
Makassar --> Biak --> Nabire
Makassar --> Manokwari --> Nabire
Makassar --> Jayapura --> Nabire

Kita bisa mengamati atraksi ikan Hiu Paus ini hampir setiap waktu. Akan lebih mudah menemui saat pagi atau sore hari dengan cara mendatangi Bagan Bangan ikan milik nelayan dan memberikan makan berupa ikan ikan kecil (ikan puri). Didalam kumpulan ikan Hiu Paus yang dapat kita temui 2-5 ikan di setiap bagan. Bahkan dalam waktu tertentu pernah ditemukan 7 ikan hiu paus dalam satu waktu. 


Tidak ada komentar: