Kamis, 07 Oktober 2010

Lagi Lagi, Alam Tidak Ramah Lagi (Banjir Bandang Wasior)

 Hujan yang mengguyur Kota Wasior mulai Minggu Malam (3 Oktober 2010) sampai dini hari, menyisakan duka yang amat mendalam bagi masyarakat di Ibukota Kabupaten Teluk Wondama. Tanpa diduga, datang banjir bandang yang sangat dahsyat datang, menyapu sebagian besar wilayah kota Wasior. Air yang berasal dari dari pegunungan Wondiboi itu membawa lumpur disertai Balok Balok kayu. Pemukiman yang berdekatan dengan daerah aliran sungai menjadi sasaran pertama kali amukan banjir bandang.
Banjir yang datang 2 kali itu, sedikitnya memakan korban jiwa 86 Orang meninggal Dunia, 66 Orang Hilang dan Ratusan Mengalami Luka Berat. Sebagian Korban sudah mulai di Ungsikan ke Manokwari dan Nabire dan sudah menperoleh Penanganan Medis darurat. Menurut sumber berita Detik orang yang dinyatakan hilang. Mereka diperkirakan tertimbun lumpur setinggi 2-3 meter atau hilang terbawa banjir ke laut. Kerusakan yang terjadi di Kota Wasior diperkirakan lebih dari 80% dan tidak kurang dari 4.000 orang diungsikan. Hal yang dibutuhkan mendesak saat ini adalah  kantong jenazah, masker, dan obat diare.
Saat ini teman teman dari Angkatan Muda Muhammadiyah beserta Muhammadiyah dan ‘Aisyiah sudah mulai bergerak untuk mendirikan Posko Tanggap Darurat dan memberikan pertolongan kepada korban yang sudah diungsikan ke Manokwari.
Bantuah sudah mulai berdatangan yang disalurkan melalui Posko Muhammadiyah, salah satunya Bantuan Uang Tunai dari LPB PP Muhammadiyah  berupa Uang Tunai.
Bantuan korban Banjir Bandang Wasior Teluk Wondama dapat disalurkan melalui rekening  0353 - 01 - 026502 - 50 - 8 BRI CAB MANOKWARI An. Ir Nafrul E Hutapea (sekum PWM Muhammadiyah Papua Barat).  

Posko Muhammadiyah Untuk Bencana Wondama d/a Jl. S. Condronegoro Reremi, Komplek STIKIP Muhammadiyah Manokwari Papua Barat. 

Penanggungjawab Posko:
Ir. H. Abd. Haris PS (Ketua PDM MAnokwari): 085254278993
Budi Sunarso. S.Pd (PW PM PAPUA BARAT): 08124855299
Ir. H. Nafrul R. Hutapea (Sekum PWM Papua Barat ): 08128472253   

Kami Menunggu Bantuan Saudara semua. Thanks

Tidak ada komentar: