Selasa, 08 September 2009

Hikmah Ramadhan (3): Puasa Untuk Apa?

























Apa Kabar ramadhanmu Hari ini Kawan....

Ramadhan sudah meninggalkan kita 17 Hari, hari ini saya teringat obrolan kemaren sore dengan teman sesaat setelah berbuka. Dia mengeluh karena merasa kekenyangan selepas berbuka puasa. Yang saya baca, dia habis “balas dendam” dengan melahap semua minuman da makanan yang ada di hadapannya tanpa memberikan ruang untuk udara didalam lambungnya, –menurut ahli kesehatan, lambung yg ideal terdiri dari 3 unsur, air, udara dan makan- sehingga dia merasakan kondisi yang cukup berat untuk menggerakkan badannya, karena perutnya sudah offer loaded.
Saat Kultum Sebelum Shalat tarwih, pernah seorang Khatib mengatakan bahwa banyak orang yang berpuasa hanya akan memperoleh lapar dan dahaga saja.

“Mengapa....?”
Sebelum menjawab pertanyaan itu, sang khatib menjelaskan terlebih dahulu hakikat kita diperintahkan untuk berpuasa dalam QS Al Baqroh 183 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”
Yang diperintahkan (diwajibkan) untuk berpuasa adalah orang orang yang beriman. Yang kedua, orang orang beriman diwajibkan untuk berpuasa supaya bisa mencapai derajat orang orang bertaqwa. Selain Perintah dalam Surat AlB aqoroh 183, puasa juga bertujuan supaya kita bisa merasakan penderitaan orang orang yang kekurangan, tidak bisa makan setiap hari, bahka untuk mencari sesuap nasi sangat kesusahan. Dengan itu, diharapkan kepedulian kita kepada sesama dan terutama kepada kaum muztadafin (red. kekurangan) bisa kita tingkatkan.
Mendasarkan dari penjelasan Khatib diatas, saya mencoba mengambil kesimpulan, teman saya yang kekenyangan saat berbuka belum begitu memahami hakikat orang berpuasa.
Semoga kita bisa memahami hakikat puasa yang kita jalankan lebih dari 17 hari ini dan di sisa Ramadhan ini,Kualitas iman kita bisa semakin meningkat di bulan Ramadhan tahun ini dan termasuk dalam golongan orang orang yang Ber Taqwa.

SumberGambar:http://kabelstudio.files.wordpress.com/2009/07/puasa.jpg

Tidak ada komentar: