Jumat, 19 September 2008

HIKMAH NUZULUL QUR'AN

Dalam bulan RAMADHAN, hari ke 17 merupakan hari bersejarah bagi umat ISLAM, Saat pertama kali ALLAH menurunkan ALQUR'AN melalui perantara malaikat JIBRIL kepada Rasulullah MUHAMMAD.
RASULULLAH merupakan manusia istimewa, yg diberikan keistimewaan oleh ALLAH. MUHAMMAD adalah orang yg buta baca tulis, tapi beliau diberi kemampuan menghafal dan memahami ALQUR'AN secara sempurna. "Setiap bulan RAMADHAN malaikat Jibril selalu turun menemui RASULULLAH untuk mengecek hafalan bacaannya. Bahkan, saat ramadhan terakhir RASULULLAH, malaikat Jìbril menemui RASUL 2 Kali" penjelasan Dr. Yunahar Ilyas di serambi Masjid Gede Kauman.
Ustadz Yun menjelaskan, bahwa Alqur'an Memiliki beberapa keistimewaan:
1. MUDAH Dì HAFAL.
Bahkan anak kecilpu bisa dengan mudah menghafalnya, meskipun belum tentu memahami maknanya.
2. KEINDAHAN BAHASANYA.
Bahasa Alqur'an bisa memuaskan orang yg paling awam sekaligus orang yg intelektual pula.
Bahkan seorang kafir yg tadinya membenci umat islam, setelah mendengarkan ALQUR'AN, bisa luluh hatinya dah akhirnya mengucapkan Syahadat. Sebagaimana kisah Abu dzar, Seorang yg tadinya kejam dari kalangan suku PERAMPOK, akhirnya masuk Islam setelah mendengarkan keindahan bahasa dalam ALQUR'AN.
3. SEJARAH TERANGKUM DIDALAMNYA.
sejarah yg terangkum dalam ALQUR'AN sejak zaman nabi Adam. Dari penggalian ahli sejarah, tidak ada yg membantah keabsahan sejarah yg diungkap di dalam ALQUR'AN.
4. RAMALAN-2 YG TERANGKUM DI DALAMNYA.
Ramalan berang antara Romawi dgn bangsa Arab, saat itu diramalkan 3-9 tahun kedepan akan terjadi peperangan yg akan dimenangkan Bangsa Romawi, dan dimenangkan bangsa Romawi. dan akhirnya terbukti pada tahun ke 7 terjadi peperangan yg dimenangkan bangsa Romawi.
5. DALAMNYA BERISI PETUNJUK BAGI SEKALIAN MANUSIA.
Dalam Alqur'an berisi petunjuk bagi umat manusia seluruh alam, tidak hanya sebatas untuk umat Islam semata.

Semoga kita bisa mengambil hikmah dari ALQUR'AN, dan menjadikannya sebagai petunjuk hidup kita.

>>Bàda sholat tarawih-Masjid Gede Kauman, 21 RAMADHAN 1429 H

2 komentar:

lely mengatakan...

ass.. Subhanalloh btp nikmat ktk kt mdengar, mbaca al qur'anul karim hati tersa sejuk, tenang , damai dan lapang.Nuzulal qur'an adl turunnya Wahyu Alloh(alqur'an)kpd Rosululloh pd malam Lailatul Qodar tgl 17 ramadhan.Lailtul Qodar adl 10 hari trakhir d bln ramadlan..trus knp nuzulul qur'an trn 17 ramadlon..syukron

Saifudin mengatakan...

Nuzulul Quran beda dgn Lailatul Qadar. Quran memiliki 2 dimensi; sbg kalam nafsi dan kalam lafdzi. Sbg kalam lafdzi, Quran sdh turun (qad nazzala = telah turun) sejak 14 abad yg lalu dari lauh Mahfudz ke langit dunia. Sedangkan sbg kalam nafsi, Quran (ruh/nurnya) turun secara berangsur-angsur (unzila = terus-menerus turun) mulai 14 abad yg lalu dan sampai sekarang msh terjadi yaitu pada mlm Lailatul Qadar. Dan kita sbg umat Islam diperintahkan untuk mencarinya. wass